Tahap – Tahap Pengurusan Paspor

Beberapa waktu lalu (kurang lebih 2 bulan), aku izin nggak masuk buat ngurus paspor. Sekedar berbagi informasi, tahap – tahap buat ngurus paspor:

Halaman pertama Paspor Indonesia

Pertama-tama, dateng dulu ke kantor imigrasi. Setelah itu, ambil formulir yang ditaruh di dalam sebuah map berwarna hijau (ada juga yang merah, tapi aku nggak tau buat apa). Mapnya bayar 7500 rupiah.
Setelah itu, isi formulir di dalamnya, jangan lupa dilengkapi dengan materai 6000. dan juga, siapkan fotokopi data yang dibutuhkan, data yang dibutuhkan:
1. fotokopi KTP (berhubung aku masih dibawah 17 tahun, jadi nggak pake)
2. kartu keluarga terbaru
3. ijazah terakhir atau akte kelahiran
4. surat keterangan dari perusahaan atau sekolah (jika kita ke luar negeri dalam rangka tugas kerja atau pertukaran pelajar).
Lalu, jika fotokopi data di atas sudah lengkap, kumpulkan. Di sini, kita bakal dikasih sebuah kertas yang menunjukkan nomor urut kita.
Setelah nomor urutmu dipanggil, segeralah menuju ke loket pembayaran, dan membayar biaya pembuatan paspor 48 halaman (berlaku 5 tahun) sebesar Rp. 270.000, dan kita akan mendapat sebuah kertas bukti pembayaran.
Tunggulah beberapa saat, setelah nama kita dipanggil kembali, segera masuk ke ruang sidik jari, foto, dan wawancara. Di ruang ini, pertama-tama kita akan di foto, setelah itu sidik jari, dan barulah sesi wawancara. Untuk wawancara kita nggak perlu grogi, pertanyaannya pertanyaan yang umum-umum yang kita isikan ke formulir tadi, seperti nama, sekolah, umur, pergi ke negara mana, alasannya apa, sama siapa, dan sejenisnya.. asalkan jawaban yang kita berikan sama dengan yang kita isiskan di formulir, maka 99,99% permohonan paspor kita pasti disetujui. Oh ya, di sesi wawancara ini kita juga harus menunjukkan 4 dokumen asli yang sudah disebutkan di atas.
Yang aku jelaskan di atas tadi adalah yang aku alami ketika mengurus paspor di surabaya (tapi tempatnya di sidoarjo, sih). Untuk di tempat lain, aku kurang tahu gimana prosedurnya. Mungkin sedikit-sedikit ada yang beda, lah. Cuman ya nggak beda jauh.

5 thoughts on “Tahap – Tahap Pengurusan Paspor

  1. ya mau lah…
    kayaknya setiap orang di dunia ini mau deh, kalo ditawarin ke luar negeri. kamu sendiri? pasti mau khan??? so, doakan aja keinginan aku, and keinginanmu buat ke luar negeri bisa terkabulkan. aamiin……..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s