Udah Kelas Tiga!?!

Disadari atau enggak, mau atau nggak mau, terima atau nggak terima, apapun yang terjadi, sekarang aku udah kelas 3 SMP. Yah, daripada tetep ngendon di kelas dua, lebih baik naik kelas 3. Naik kelas 3, satu hal besar yang bakal kuhadapi: UNAS! Walaupun mestinya nggak usah dibikin heboh, tapi tetep aja UNAS bikin heboh. Gimana nggak heboh, UNAS dijadikan penentu kelulusan, yang nilai minimal untuk lulus 5,25. Tapi menurutku sih, nilai segitu nggak terlalu sulit. Yang bikin aku agak nggetu, nilai unas juga dijadikan patokan untuk masuk SMU nanti. Satu tekadku, apapun yang terjadi, aku harus masuk negeri. Aku udah bosen, dari TK sampe SMP masuk swasta terus. Padahal, sebenernya aku bisa masuk SMP negeri yang lumayan favorit. Sebut aja SMP 3, lah, atau yang di bawahnya. Ah, tapi yang lalu nggak usah dibahas lagi. Pokoknya SMU aku harus masuk negeri! Pingin sih, masuk SMUN 5, tapi gimana, ya? Agak ragu… kalo aku sih, pingin nilai absolute, tapi masuk SMU 3. mungkin banyak orang pada heran, nilai absolut masuk SMUN 3? Ya, tapi itulah pilihanku. Menurutku sih smu 3 tuh bagus. Bagus bangunannya, dijadikan sekolah percontohan, nilai rata-rata unas tertinggi ke-3 se surabaya, dan satu lagi: lokasinya deket dari rumah. Klop, kan?
Back to unas. Sebelum ngomongin SMU, kan UNAS-nya harus dapet nilai absolut dulu… Gosipnya, tahun ini mata pelajaran UNAS ditambah satu lagi: IPS. Padahal, IPS itu mencakup sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi. So, kalo di tambahin, total aku harus belajar 9 mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Sebenernya menurutku sih, lebih baik IPS masuk UNAS aja. Why? Soalnya kan, kalo UNAS SKMnya cuman 5,25. Tapi kalo masuk Ujian Akhir Sekolah? 7,5. Wah, kan lebih susah, tuh!
Tapi gimana, yah, biar unasku bisa memenuhi target? Yang jelas, aku nggak mau ikut bimbingan belajar. Bimbel di sekolah pun, mungkin aku juga nggak ikut. I think it’s just lose my time. Selain biayanya yang lebih murah, lebih efektif kalo belajar sendiri daripada ikutan bimbel segala macam (menurutku, sih). Nanti kalo ada yang nggak bisa, baru tanya ke guru.
Ada caranya supaya aku bisa mencapai targetku: belajar! So pasti kalo mau bisa ngerjainnya, ya harus belajar, donk! Dan untuk itu aku udah mulai mempersiapkannya from now. Udah bikin schedule, hari ini blajar apa, besok apa, lusa apa, dan seterusnya. Dan buku soal-soal yang seabrek juga udah siap untuk dipelototin. Dan aku juga udah download dari internet soal-soal unas tahun dulu.
Satu hal berat yang harus kulakukan adalah: meninggalkan hobby-ku untuk sementara waktu. What’s that? Playing game! Yeah, it’s my hobby banget… rasanya sehari tanpa game hidup terasa hampa (ciye… jadi puitis nih…). But, kalo aku memang bener-bener pingin dapet nilai absolute, stop my habbit! Ya, aku harus berhenti main game. Mungkin sabtu minggu saja, aku akan main game. Selain dua hari itu, aku harus bisa nggak main game!
Finishingnya, setelah aku berusaha sekuat tenaga, tetep aja Allah yang menentukan. So, ibadah harus lebih oce. Dan buat semuanya, doakan targetku tercapai, ya…

One thought on “Udah Kelas Tiga!?!

Leave a Reply

