UAN TANPA CURANG

tanggal 27-30 april besok, seluruh siswa SMP kelas 3 di Indonesia mengikuti UNAS. termasuk aku. wah, nggak nyangka, yang kutunggu-tunggu akhirnya datang juga.

yang menyedihkan dari adanya UNAS adalah, banyaknya kecurangan yang terjadi. mulai dari kecurangan2 kecil seperti tengok kanan kiri, sampe kecurangan yang luar biasa, kepsek2 pada bikin kunci jawaban UAN buat disebarin ke murid2nya.
kejujuran. dimanakah kejujuran itu? sepertinya kejujuran sedang bersembunyi di suatu tempat, sehingga sangat sedikit orang yang bisa jujur dalam UNAS. padahal, UNAS hanyalah ujian biasa. dalam ujian, sudah pasti ada yang lulus dan ada yang tidak lulus. so, kenapa bingung? nggak lulus juga bukanlah hal yang salah. nggak pula dosa. kebanyakan masyarakat saat ini menganggap nggak lulus UNAS adalah hal yang sangat memalukan. sehingga, kebanyakan orang memilih jalan pintas untuk lulus. memilih jalan yang salah. karena tidak mau dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang.
saat ini, PR kita semua adalah mengembalikan kejujuran. kejujuran adalah kunci. awalnya curang waktu ujian, titip absen waktu kuliah, lama-lama berkembang menjadi korupsi. naudzubillah min dzalik!
bagiku, nggak lulus jauh lebih baik daripada curang.
lebih baik lagi, lulus tanpa curang.

saya, Bina Izzatu Dini, siswi SMP Putri Luqman Al-Hakim Surabaya, dengan ini menyatakan:
SIAP UAN 2009 TANPA CURANG!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s