ASEAN Scholarship Selection Test Y2010 (seri-2)

ne sedikit cerita dan info tentang tes seleksi beasiswa ASEAN Y2010.

1. tes pertama kali setelah pembukaan adalah GENERAL ABILITY TEST. nama lainnya: TES IQ. di sini ada 60 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 20 menit. seluruh soal berupa gambar (melengkapi gambar).
tips: jangan terkecoh dengan soal-soal awal, karena soal-soal awal sangat mudah. tapi makin lama, soal makin sulit, butuh pemikiran panjang. tapi waktu cuman 20 menit. jadi kerjakan secepat mungkin, jangan sampe hilang konsentrasi, jangan buang-buang waktu
soal berupa pilihan ganda, 1 soal 6 pilihan jawaban. setelah itu istirahat.

2. math test. materi tes: secondary 2 singapore (setara SMP kelas 2).walaupun secondary 2, jangan pernah mbayangin soalnya bakal semudah soal SMP kelas 2. walo judulnya secondary 2, di sana secondary 2 materinya udah tingkat tinggi. materi meliputi: trigonometri, gradien, luas bangun datar, volume, keepatan, rata-rata, statistik, grafik, bilangan, dkk (itu seinget ku ya)
oh iya. seluruh soal disajikan dalam bentuk essay. gak ada pilihan ganda. jadi kalo gak bisa ya gak bisa ngawur😦. hehehe. dan bahasa inggris, tentunya. tapi gak usah terlalu khawatir, juga disedian glossary,,, walaupun terjemahannya kacau balau.
waktu nya dua jam kalo gak salah. ada 32 soal.judul babnya memang keliatan gampang (kecuali trigonometri). tapi soal-soalnya bener2 soal pengembangan. jadi harus bener-bener nguasai materinya, gak cuman dasarnya doang

3. english test. materi tes lagi2 materi secondary 2. di sini tes dibagi jadi 2. tes pertama njawab soal. ada banyak variasi soal, gak seperti tes-tes sebelumnya. ada multiple choice, isian, mencocokkan jawaban, menemukan similar word dari sebuah cerita panjang, “refers to”, mencari kesalahan grammar dalam satu kalimat, dll. yang paling dibutuhkan di sini: pemahaman vocab. karena 97%soal berhubungan dengan vocab. dan vocabnya bener2 vocab tingkat tinggi yang jarang kita temui. 3%nya soal grammar, yang sama sulitnya. waktu: 90 menit jumlah soal: 50 soal.
tes kedua. soalnya cuman 1. tapi jawabannya 300kata. diberi dua pilihan topik, trus kita disuruh bikin cerita sesuai topik yang kita pilih dalam 300 kata. tips: lebih baik bikin cerita di pas in 300 kata, jangan kebanyakan jangan kurang. di situ memang disediakan banyak space untuk cerita, tapi kalo make terlalu banyak kata, nilainya justru berkurang. oh, waktunya 30 menit.

materi O Level Singapura bisa di download di: O Level Singapura

INFO TAMBAHAN:

  • Seluruh panitia tes berasal dari Singapura, jadi semua instruksi yang diberikan berbahasa Inggris
  • tempat tes tahun ini hanya di empat kota: jakarta, surabaya, medan, dan pontianak.
  • pertama-tama yang harus dikejar untuk lolos seleksi awal adalah nilai UAN. usahakan semua nilai UAN di atas 85, atau minimal tidak ada angka 7.
  • tesnya memakan waktu seharian, dalam hotel. Full AC. jadi siap-siap jaket / sweater, atau semacamnya.
  • sekarang pendaftaran sudah menggunakan sistem online jadi lebih praktis. mulai sekarang kunjungi web Ministry of Education Singapore
  • kalo lolos seleksi awal, nanti akan ada pengumuman seminggu sebelum tes. melalui email dan pos

demikian, semoga membantu.

70 thoughts on “ASEAN Scholarship Selection Test Y2010 (seri-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s