China, Kenapa Semua Diblokir?

Note: Ini tulisan yang masih sangat mentah tapi nggak sempat ngedit lebih baik lagi, dan keburu topiknya basi. Maka mohon maaf, dan monggo dinikmati apa adanya.

Assalamualaikum dan Salam Sejahtera.

Beberapa waktu ini kami para pelajar internasional di China, terutama Indonesia (yang hobi ngeksis), berasa sebel berturut turut ke pemerintah China. Pasalnya, google mendadak diblokir, termasuk turunannya seperti google maps, gmail, translate, dan PlayStore! (Nyawanya Android). Untunglah beberapa minggu kemudian kembali dibuka. Kemudian menyusul line diblokir, padahal line adalah alat komunikasi yang bisa dibilang unggulan di Indonesia. Nggak lama setelah itu, instagram diblokir!

Banyak yang mengeluh, kenapa sih semua semua diblokir. Seperti mengurung penduduknya dan membatasi kami dari info internasional. Komunikasi dengan kawan kawan di negara asal jadi terhambat, kesempatan eksis pula makin berkurang. Tahu kan sekarang instagram termasuk aplikasi paling populer di Indonesia? Untuk upload foto dan bisa dilihat oleh follower, untuk kepohin si dia yang pingin kita kepohin, atau untuk obat bosen, sekedar explore dan scroll siapa aja dan apa aja yang kita minati. Bahkan untuk pengetahuan pembaca, dulu saya bisa mantap melanjutkan kuliah ke Jiangxi Normal University ini juga atas bantuan Instagram lho.

Nggak kaget kalo banyak pula yang kayak kebakaran jenggot, dan berburu VPN yang bisa dipake di sini. Mungkin VPN sekarang semacam nyawa untuk gadget kami ya di China ini. Haha.

Semua fenomena itu tadi bikin saya mikir. Kenapa? Apa bagusnya?

Salah satu penyebab utama instagram diblok adalah karna foto demo pro-demokrasi di Hongkong menyebar luas di Instagram. Langsung deh Instagram diblokir. Menghindari provokasi, bisa kontrol info yg masuk ke masyarakat, jaga stabilitas negara.

Duit ngalir ke baidu bukan google. Otomatis bagus untuk perekonomian China, dimana China lebih berkuasa terhadap negerinya sendiri, bukan negara asing yang lebih menguasai.

Kreatifitas berkembang. Bukan asal main blokir, tapi China juga ciptakan duplikat. Biar dikata duplikat tapi banyak yang lebih canggih dr aslinya! Baidu untuk menggantikan google, youku untuk youtube, weibo untuk twitter, QQ untuk yahoo messenger tapi jauh lebih canggih, Kugou untuk denger musik berlirik, bahkan ada lagu indonesia. Ga cuman lagu tapi kadang juga ada video klipnya. Nonton film gratis di pptv youku tudou funshion. Streaming. Dengan subtitle mandarin, film beragam jenis mulai chinese jadul f4, putri huanzhu, film terbaru, drama china, film dan serial barat, drama korea. The raid juga ada! Rasanya sangat menghemat uang saku.

Memang menyiksa dan masih berasa hambar dengan diblokirnya line instagram facebook twitter, tapi setidaknya Pemerintah China benar benar paham apa yang mereka lakukan untuk rakyat dan negaranya. Dengan cara yang berbeda menuju kemajuan dan pembangunan negara.

Indonesia pula, bagaimana?

(PS. Jadi sekarang kalo ada yang ngeledekin saya tentang China yang hobi mblokir, sudah bisa kasih jawaban dengan mantap. Hehe)

38 thoughts on “China, Kenapa Semua Diblokir?

    • Bisa kok, tidak ada masalah dengan hp apapun. Beberapa teman saya dr indo maupun luar negeri juga pada pake LG๐Ÿ™‚ Mungkin masalahnya cuma google play nya diblokir ya di sini, tapi bisa pake app store china atau vpn๐Ÿ˜€

      Like

  1. Pingback: List Website dan Media Sosial yang Diblokir di China | Hidup Memang...

  2. Salam,
    Rencana bulan juni tahun ini mau k China,mau tnya aplikasi Path apakah masih bisa diakses Di China Dan bagaimana WiFi disana?
    Terima kasih mba

    Like

    • Waalaikumsalam wr wb,
      Sampai saat ini Path masih bisa diakses di China (walaupun beberapa bulan yang lalu sempat diblokir 1-2 hari), dan wifi di China lumayan lancar kok, bahkan relatif lebih cepat daripada wifi di Indonesia.

      Semoga membantu ya๐Ÿ˜€

      Like

  3. Pingback: Menilik Kebijakan Pembatasan Akses Internet di China | Hidup Memang...

  4. Assalaamu’alaikum. Klo free blog yang tidak d blokir di China apa ya? Mau buat blog yang bisa di Akses rekan2 di Shanghai.

    Terimakasih

    Salam,

    UJA

    Like

  5. Hai mba Izza… China ini cukup merepotkan para pengguna sosial media yg ingin bepergian kesana ya, secara segala2nya diblokir hehehe. Oya mba, saya ada kirim email, ada yg mau ditanyain seputar VPN. Thanks sebelumnya ya ๐Ÿ˜€.

    Like

    • Halo mba Molly, bener mbak, buat foreigner yang datang kemari memang kebijakan ini lumayan merepotkan ๐Ÿ˜…, untungnya masih bisa diakalin dikit dikit :))

      Oke mba, segera meluncur ke mailbox.

      Btw makasih sudah mampir, blog mba Molly keren banget, sayang saya belum sempat meninggalkan jejak hehe.

      Like

  6. assalamualaikum, permisi mbak mau tanya.
    kan gini, aku sekitaran bulan november nanti insyaAllah mau kuliah juga di sana. nah karena aku dengar di china semuanya di block, aku jadi bingung harus gimana. ada yg bilang di sana harus pake vpn kalo mau searching, cuman aku masih bingung pake vpn apa yang bagus. kira-kira vpn yang recommended buat pc sama android apa ya mbak?
    makasih sebelumnya ^-^

    Like

  7. assalamualaikum mba…sy dan keluarga rencana januari 2016 mau liburan ke china selama 6 hari mau tanya VPN itu apa ya ? untuk browsing berarti pakai baidu ya ? diantara applikasi ini yg mana yg msh diblokir : instagram, bbm, WA, path , Line, FB ?
    trus kl mau komunikasi/internetan baiknya pake sim card indo (tsel) langganan paket luar negeri atau beli sim card china sj ? sim card china yg jaringannya bagus apa ? harganya sekitaran brp ?

    Like

    • Waalaikumsalam Bunda Rafa,
      Untuk info lebih detail mengenai VPN, monggo via email saja ya๐Ÿ™‚

      Instagram, FB dan Line iOS masih diblokir, Bunda. BBM, WA dan Path sementara ini aman.

      Untuk komunikasi, dua pilihan itu sama sama bisa dipakai, apalagi di China cuma selama 6 hari ya, jadi masih memungkinkan untuk memakai sim card Indonesia. Untuk sim card China sendiri bisa milih antara China Unicom atau China Telecom, keduanya cukup terpercaya di China. Harga perdana berbeda-beda tergantung paket yang diambil dan provinsi, namun kurang lebih di kisaran RMB 100.

      Semoga membantu ya, Bunda, selamat menikmati China.

      Like

  8. assalamualaikum mba izza… mau nanya lagi trus kalo qta mau cek email di gmail dan ymail selama disana gag bisa donk ya ? ada solusi kah ? ๐Ÿ˜ญ

    Like

  9. hai izza… hari senin depan gua mau ke guangzhou… id BBM dan path saya pakai gmail. pertanyaan saya bisa dibuka gak BBM dgn Path saya di sana? thanks…

    Like

  10. hai izza, aku mw ke shanghai-beijing, di sana bisa buka instagram, path, whatsapp? huhuhu
    sy dengar katanya di shanghai bisa buka instagram dan path, benarkah mba?
    terima kasih sblmnya

    Like

  11. Hai kak Izza, minggu depan saya mau ke Nanning, whatsapp masih tetap bisa kan? oh iya, provider di China yang buat paket internet murah apa ya? kira-kira berapa ya, saya di sana 10 hari. terimaksih ya sebelumnya

    Like

    • Whatsapp aman terkendali asal ada koneksi internet, Mba. Saya sih sekarang ini pakai China Mobile, bisa daftar paket data se China, 70 RMB untuk 2 GB (ada pilihan kuota lebih dikit atau banyak, ini yang saya ingat)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s