Tips Bertahan Menghadapi Winter tanpa Penghangat Ruangan

Assalamualaikum, salam sejahtera dan 你好

Tinggal di China, di tempat yang musim dinginnya nanggung (paling dingin cuma -4° Celsius), dan tanpa sistem penghangat ruangan artinya beda cara bertahan hidup dengan mereka yang tinggal di Eropa misalnya: tinggal nyalakan penghangat ruangan, maka beres sudah. Walau terlihat sepele karna “cuma” -4, tapi karna tanpa penghangat, jadi terasa lebih menantang dan lebih dingin dari musim dingin di Eropa atau tempat lainnya. Bahkan di sini, air hangat cuma tersedia untuk shower kamar mandi saja. Sisanya: wastafel, tempat cuci piring, harus rela menguatkan diri menahan dingin.

Hebatnya, manusia memang selalu penuh akal. Tidak ada penghangat ruangan, kami di sini punya cara sendiri untuk bertahan hidup. Ini adalah “senjata-senjata” kami melawan musim dingin tanpa penghangat ruangan:

Sarung Tangan Bulu (¥10)
Sarung Tangan Cuci Piring
Cuci piring pake air es sungguh menyiksa, kalau tak percaya cobalah. Dengan bantuan sarung tangan ini, rasa siksa itu setidaknya bisa berkurang sedikit. Dalamnya bulu lho.

Bantal Tangan (¥30-50)
Bantal tangan
Kadang mau nulis atau ngetik sangat menyiksa karna tanga terasa beku, begitu juga setelah cuci piring atau wudhu. Ini solusi tepat untuk tangan yang nyaris mati rasa: bantal tangan. Di dalamnya ada kantung berisi air yang bisa di charge agar panas.

Baju Dalam (Long john) (¥100)
Baju dalaman
Baju dalam ini bisa dipake buat sehari hari di rumah, atau dipakai keluar sebagai baju dalaman sebelum dilapisi pake sweater dan jaket dingin.

Baju Tidur Hangat (¥70-150)
Bisa sperti ini
Baju tidur hangat

Atau ini
Baju tidur hangat 2

Tebal, hangat, dan unyu (bahasa gaul jaman sekarang)

Kaos Kaki Tebal (¥10 dapat 3, kalau lagi promo)
Kaos kaki
Peralatan tidur nih, lumayan loh buat anget angetan

Sandal Bulu (¥7-30)
Sandal Bulu
Lantai rumah pun ikut ikutan dingin macam es. Sandal bulu ini selain bisa menyelamatkan kaki, juga menyenangkan mata. Bentuknya imut imut yah.

Selimut Listrik (¥30-150)
Selimut Listrik
Selimut listrik ini biasanya ditaruh di atas kasur, lalu dilapisin sprei. Tinggal turn on kalau sudah tidak tahan dinginnya. Kalau terlalu panas, bisa dikecilkan kok.

Bed Cover (¥70-200)
Bed cover
Di bawah sudah ada selimut listrik, jangan lupa atasnya ditutup juga pake bed cover. Kalo atasnya kosongan mah tetep aja dingin ya.

Penghangat Listrik (¥30-100)
Penghangat Listrik
Kalau selimut listrik pun sudah nggak mempan, akhirnya terpaksa beli ini. Kenapa terpaksa? Karna nyedot listrik banyak bangeeet tapi panasnya ga terlalu memancar.

Itulah kira kira senjata kita di sini. Yang mau ke China bagian selatan, atau tempat lain yang ada musim dingin tapi nggak ada sistem penghangat ruangan, bisa tuh siap siap. Tenang, di sini semua tersedia jadi ga perlu penuh penuhin koper dari Indo. Harga yang saya cantumkan itu cuma perkiraan ya. Kalau ada yang ketinggalan, nanti kalau ingat insya Allah saya tambahkan lagi. Semoga bermanfaat!

(Note: foto dicomot dari taobao.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s