Sinopsis dan Review Film: The Teacher’s Diary (2014)

Saya barusan nonton film bagus! Seorang sahabat merekomendasikan film Thailand berjudul The Teacher’s Diary ini (makasih ya). Begitu lihat trailernya langsung ga sabar pingin nonton, karna pertanyaannya satu ini: “Is it possible to love somebody you never met?”

image

Film ini menceritakan tentang seorang guru bernama Ann, yang ditempatkan mengajar di sebuah sekolah perahu. Mengalami berbagai suka duka, dia pun menulis di sebuah buku Diary tentang pengalaman, perasaan dan kisahnya selama bertahan hidup di sekolah tersebut. Setahun kemudian Ann transfer ke sekolah lain, dan tempatnya di sekolah itu digantikan oleh guru baru bernama Song.

Song di awal kedatangannya di sekolah perahu tersebut juga mengalami banyak kesulitan, untungnya dia menemukan diary milik Ann yang tertinggal di sana. Diary tulisan Ann otomatis seperti buku panduan bagi Song untuk beradaptasi dan bertahan hidup di rumah perahu itu. Lambat laun, Song pun semakin jatuh hati dengan pemikiran dan pribadi Ann, yang belum pernah ia lihat wajahnya.

Lalu bagaimana kisah ini berlanjut? Apakah mereka berdua bisa bertemu? Nonton sendiri yaa.

Kisah cinta di dalam cerita ini juga dibumbui dengan cerita tentang hubungan jarak jauh dan kesetiaan, selingkuh, kesepian, dan pentingnya kesamaan frekuensi dalam sebuah hubungan.

Selain kisah cinta, tema latar pendidikan juga merupakan kisah inspiratif yang tak dapat dilewatkan. Ada banyak kisah tentang dunia pendidikan. Tentang dedikasi guru, loyalitas, hubungan guru dan murid, kreativitas mengajar, dan sebagainya. Guru dan calon guru wajib nonton!

Kita juga disuguhkan dengan pemandangan Thailand yang indah. Danau, gunung, sungguh bikin orang pingin cepet balik ke Indo dan main ke pantai atau gunung. Yang nggak kalah seru, pemainnya juga cakep cakep lho! *penting*. Haha. Tapi sayang saya memang nggak jago hapalin nama orang, nama artis cakep sekalipun. Jadi gatau tuh siapa nama aslinya.

Walau penuh dengan segala nilai plusnya, tetap ada beberapa scene yang saya kurang suka: scene ular dan penemuan mayat. Simply karna menjijikkan, dan saya geli. Tapi tinggal tutup mata (sambil teriak), bentar juga udah lewat kok scenenya. Buat yang lebih pemberani dari saya mah, ga ada masalah lah ya berati.

Secara keseluruhan, The Teacher’s Diary sangat recommended untuk ditonton, terutama buat mereka yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Atau buat siapapun juga boleh kok. Film yang ringan dan menghibur, tapi ada juga selingan drama yang mengharukan.

Selamat menonton dan semoga bermanfaat!

Lalu menurut kalian apa jawaban dari pertanyaan trailer tadi: “Is it possible to love somebody we never met?”.

Kalo menurut saya sih ya mungkin banget. Kemarin diskusi sama temen dan dia menambahkan contoh: jatuh cinta sama penulis novel favorit kita, atau penulis blog; atau jatuh cinta sama tetangga karna denger suaranya pas dia nyanyi sambil mandi, tapi dia introvert yang ga pernah keluar rumah; atau yang lebih indah lagi, jatuh cinta seorang ibu pada anak yang masih di dalam rahimnya. Sweet, isn’t it?😉

4 thoughts on “Sinopsis dan Review Film: The Teacher’s Diary (2014)

  1. Film ini memang layak untuk ditonton, dan ceritanya sebenernya tidak tentang cinta-cintaan saja, tapi lebih kepada petualangan seorang guru yang tanpa pengalaman harus mengajar murid dipelosok dengan segala permasalahannya yang kompleks. Nice review and keep bloging ya😀

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s