Kabar di Bulan November dan Curcol Ngalor Ngidul

Asalamualaikum wr wb dan salam sejahtera,

image

Pohon di Bulan November

Sebenernya aku punya banyak hutang tulisan, dan kemarin aku baru saja menambah satu lagi hutang tulisan: beasiswa CSC (China Scholarship Council). Tapi semua itu nulisnya kudu niat, butuh data dan sumber akurat, butuh pilah pilih foto yang tepat, dan pastinya laptop dan internet yang bersahabat. (Wow, they rhyme :D). Jadi nanti dulu ya. #peace

Sementara update via HP dulu deh, buat ngisi postingan bulan November *kejar setoran mode: on*. Makasih buat teman teman yang ngingetin buat update, kalo enggak yaa, bakal telantar deh ini blog.

Aku masih rajin nulis kok, tenang aja. Tapi nggak di sini, jadi nggak banyak yang bisa baca *nyengih*.

Kali ini nulis apa ya? Ngalor ngidul aja dah.

Update terbaruku? Apa aku sibuk banget? Ya sibuk atau enggak sih menurutku relatif. Haha.

Entahlah. Di otak lagi banyak banget kerusuhan, dan kalo otak rusuh gitu emang nggak bagus ditulis di sini. Nulis di sini itu harus dalam kondisi otak tenang, karena walaupun readersnya secuprit, tapi tetep aja kan judulnya public blog yak. Siapapun bisa nyangkut di sini.

Di Radio PPI Dunia aku sekarang udah bawain program reguler: BBB dan SOP.

BBB kepanjangannya adalah Belajar Berjuang dan Berusaha. Dari judulnya aja udah kedengeran nerd banget yak. Gapapa dah, toh kata temen-temen cocok banget sama aku (padahal asal tau aja, aku nggak nerd kok, percaya deh plis, ngerjain tugas aja mepet-mepet deadline mulu). Jadi selama sebulanan ini ya bahas tentang semangat belajar, ngatasin malas, cerita inspiratif, gitu gitu deh. Yang mau nyimak, setiap Senin malem 18~21 WIB silahkan aja ke http://www.radioppidunia.org

SOP apa dong? Seputar Obrolan Psikologi. Yups, bahas tentang psikologi. Ini aku suka banget deh, walaupun aku ga punya basic psikologi yaa, tapi aku dari dulu minat banget baca-baca, diskusi, dengerin talks tentang Psikologi. Jadi ya asik banget waktu baca baca dan survey / interview orang buat materi SOP itu, udah semacam kuliah mandiri😀. Kemarin udah bahas apa aja ya? Masih yang basic-basic sih sejenis 4 tipe kepribadian, perbedaan cara berfikir dan psikologi cewek-cowok, positive thinking, dkk gitu. Ke depannya sih pinginnya bahasannya diperdalam lagi, dan pingin banget ndatangin narasumber. Semoga beneran kesampean, cekidot aja ya SOP setiap Jumat malam 18~21 WIB.

Makin lama siaran makin asik (pada dasarnya aku emang bawel, lalu sekarang difasilitasi :p), tapi kadang masih bingung juga cari topik, dan brainstorming jalan teruuus. Nah kalo temen-temen punya saran topik bahasan sini dong ayo kasih ide😉

***

Semester ini aku ada mata kuliah sastra modern, belajar tentang perkembangan sastra di jaman 现代 (1917-1949) dan 当代 (1949-sekarang). Selain sejarah perkembangan sastra juga pastinya kita belajar tentang sastrawan-sastrawan China itu sendiri. Teman-teman banyak yang bosan, tapi aku kok senang ya. Seru lho dapet dongeng sejarahnya China, dongeng tentang sastrawan-sastrawan besar China dan lainnya. Mana dosennya kece dan pinter banget deh. Salut!

Nah yang menarik dari sastrawan yang dibahas, selain karya sastranya adalah kehidupan pribadinya *kepo mode on*. Gimana kehidupan masa kecilnya, belajar ke luar negerinya, pernikahan dan percintaannya, keluarganya, kematiannya. Lihat tuh apa yang di-bold, itu yang paling menarik buatku😀 xD

Kemarin ini dari kelas Sastra Modern ini juga, aku seakan disadarkan tentang satu hal.

Ada seorang sastrawan yang pandai, kuliah sampai ke Jepang, serba bisa, karya sastranya mempesona, tapi sangat amat disayangkan, kepandaiannya digunakan untuk menjilat pimpinannya. Dan yang lebih parah lagi, kepandaiannya juga digunakan untuk menaklukkan hati PARA wanita, lalu meninggalkan mereka pergi. Ada yang dinikahi 5 hari lalu ditinggal kabur tanpa jejak, ada yang tinggal bareng sampe punya anak 5 (tanpa pernikahan sah) lalu lagi lagi ditinggal kabur, ada yang dinikahi sampe si istrinya bunuh diri.

Sadis, bukan?

Dulu aku sering sekali berharap suatu hari nanti dipertemukan dengan seorang partner yang cerdas, berwawasan luas, bisa berdiskusi (lebih tepatnya bisa kutanya-tanya ya, karna aku punya banyak pertanyaan) tentang segala macam topik mulai topik berat: politik, konspirasi, agama, budaya, sampai ke inside jokes, guyonan garing, maupun bully-bully an gak penting.

Kemarin habis kuliah Sastra Modern itu, aku jadi diingatkan tentang satu hal yang sangat jauh lebih penting: hati dan akhlak yang baik. Teorinya mah emang udah gitu dari dulu, tapi tetep aja di kenyataannya sering lupa bahwa akhlak yang baik itu sangat penting. *akhlakku sendiri sudah baik kah? Ngaca dong neng*. Oh ya, agama gak perlu dibahas lagi lah ya, gimana-gimana emang itu yang utama.

Bukan berarti sekarang aku berdoa untuk dapet partner yang bodoh asal baik ya. Hahaha.

Hanya saja, semoga aku selalu ingat untuk mendahulukan hati dan akhlak sebelum yang lainnya. Kata seseorang, susah lho punya pemimpin yang nggak pintar. Tapi, apalah arti pandai jika pada akhirnya hanya menjadi bumerang diri sendiri: digunakan untuk mengelabuiku. Apalah arti pandai jika digunakan untuk hal hal yang tidak benar.

Dan untuk menggunakan kepandaian secara tepat, butuh hati dan akhlak yang baik. Tak perlu sempurna (karena memang tak ada yang sempurna), baik pun sudah lebih dari cukup.

Eh tapi mau dong dapet orang baik yang berwawasan luas, dan chemistry nya dapet. Aamiin.

Eaaaak kenapa topiknya jadi begini sih. Sudahi saja dulu ya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya, semoga masih di bulan November ya😀

Thank you for reading, and have a nice day!

7 thoughts on “Kabar di Bulan November dan Curcol Ngalor Ngidul

  1. wkwkwkwk it turns out that you are so busy. semoga lancar terus ya kegiatanmu :3

    anyway aku juga pengen banget dapat temen hidup yang baik yang berwawasan luas, dan chemistry nya dapet❤ *eaak
    :3

    Like

    • Nooo, im not that busy, and of course not as busy as you, haha.

      Makasih mbak Gadis, moga lancar lancar juga ya kegiatannya, kuliahnya dan percintaannya *eaaak* :3

      Aamiin mbak, aamiiin! Moga dapat yaa temen hidup sesuai deskripsimu😀

      xoxo

      Liked by 1 person

    • Berati judul tulisannya ga bohong tuh, ngalor ngidul :p

      Hm partner yang membawa kebaikan untuk dunia akhirat bersama *aamiin*

      Mas Febri mau yang gimana? *serang balik* hahahaha xD

      Like

      • Iyaaa mbak. emang nggak bohong dan pas. ngalor ngidul banget wkwkw😀

        Aaaakh, Aamiin ya Allah :)) semoga dapet yang bisa menuntunmu ke jalan yang baik ya mbak😀

        Aku yang gimana ya? ._. yang mau aja deh, aku mah apa ._. bungkus marimas~

        Liked by 1 person

Leave a Reply

