Beasiswa Kuliah di China

Assalamualaikum wr wb dan Salam Sejahtera

Halooo, apa kabar teman-teman? Kali ini ceritanya aku mau bayar utang postingan. Dicicil deh yaa, dikit-dikit. Hoho. Ini kemaren aku ngutang postingan tentang beasiswa kuliah di China. Yuk mari, langsung cekidot aja yaaa. Oh ya, disclaimer dulu nih, informasi di bawah ini berdasarkan pengetahuanku aja ya, bisa jadi kurang lengkap, harap maklum.

China ini lagi membuka diri untuk orang asing, buat bisnis, buat tur, dan pastinya buat kuliah. Makanya, buat kuliah di China sendiri bisa dibilang relatif gampang kok syaratnya. Yah, kecuali kalau mau nembus ke Peking University / Tsinghua University (Top Ten Asia, men!), pastinya butuh usaha lebih. Kemaren ada temen nyobain test masuk S1nya Peking University, syusyaah jendral! Saingannya sama mahasiswa-mahasiswa Korea yang Mandarinnya sudah tahap dewa.

Buat ke kampus lain di China, mayoritas sih nggak pake test susah tahap dewa kok. Bahkan kampusku ini nggak pake test masuk sama sekali, tinggal lampirin dokumen, ijazah dan lain lainnya aja😀

Nah, masuk ke universitasnya gampang kan, masih ada bonus beasiswa pula. Tapi beasiswa ini pastinya lebih kompetitif yaa.

Di kampusku sendiri ada 4 jenis beasiswa, dan agak sejenis juga kok sama kampus-kampus lain di China. Buat orang Indonesia, biasanya ada beberapa jalur beasiswa, di antaranya:

  1. China Council Scholarship.

Beasiswa CSC ini beasiswa paling bergengsi di China, karena paling susah diraih😀 Maklumlah jadi rebutan semua orang, karena beasiswanya paling royal dan tanpa ikatan dinas! Nah lho, siapa yang nggak tertarik. Apalagi beasiswanya juga terbuka untuk banyaaak banget pilihan jurusan, universitas, dan bahasa pengajaran (inggris/ mandarin). Beasiswa CSC ini dibuka setiap tahun, biasanya di awal tahun sampe sekitar bulan Maret, dan jangan sampe kelewatan application date kampus yang mau kamu tuju. Info lebih lanjut langsung cek sendiri ke websitenya ya: Informasi Beasiswa CSC, dan buat daftar langsung ke sini: CSC Online Application System. Baca sendiri infonya yang teliti ya, saya bukan pegawai CSC jadi kalau ada pertanyaan teknis, kurang bisa bantu sih. Saya juga bukan penerima beasiswa CSC, soalnya😀 Tapi ada sedikit tips yang semoga berguna, hasil pengamatan ke teman-teman yang berhasil dapet Beasiswa CSC.

Tips buat daftar CSC nih:

  • Pilih universitas dan kota yang sedikit jumlah orang Indonesianya, maka kesempatanmu diterima akan jauh lebih besar.
  • Hubungi kampus yang hendak kamu tuju sebelum masukkan aplikasi beasiswa CSC, supaya kampus tujuanmu bisa ikut merekomendasikan namamu.

2. Confucius Institute Scholarship

Kalo beasiswa Confucius ini fokusnya untuk ke mereka yang mau belajar bahasa Mandarin, terutama jurusan Teaching Chinese to Speakers of Other Language (S2). Biasanya sih daftarnya via Confucius Institute di Indonesia ya, yang excellent di kelas bakal dapat tawaran beasiswa ke China, mulai dari periode enam bulan – satu tahun, sampai yang S2.

Nah tapi buat yang S2, pressurenya lumayan tinggi sih. Di akhir tahun pertama nanti kudu lolos tes HSK 6, kalo nggak lolos langsung ditendang. Horor kan. Selain itu, pencapaian kuliah juga kudu stabil dan baik, kalau enggak beasiswanya bisa dipotong. Heh. Tapi lumayan asik juga kok beasiswanya, terutama karena ada program jalan-jalan gratis setiap tahun. Dulu seniorku dapet jalan-jalan gratis ke Beijing 5 hari. Kan ngiler yak! Info lebih lanjut langsung cekidot aja Info Beasiswa Confucius

3. Jiangxi Province Scholarship

Sesuai judulnya, beasiswa ini datangnya dari pemerintah provinsi Jiangxi, provinsi tempatku belajar. Yups, bahkan pemerintah provinsi aja perhatian sama international students! Terharu nggak sih :’)

Beasiswanya sendiri ada 3 tipe:

  • Tipe A = untuk mahasiswa S2, 25000 RMB
  • Tipe B = untuk mahasiswa S1, 20000 RMB
  • Tipe C = untuk mahasiswa S1 / kelas bahasa, 6000 RMB

Nah, kalau dua beasiswa di atas itu udah jaminan bakal dicover sejak awal masuk sampe lulus, beasiswa ini beda sistemnya. Kamu harus apply tiap tahun, kalau memang outstanding (dan menarik hati pihak kampus) ya bakal dapat.

Eits, fyi ya, walaupun judulnya beasiswa provinsi, sebenernya yang melakukan pemilihan tetap pihak kampus sih, dan kebijakan beasiswa tiap kampus beda-beda. Kayak di kampusku nih, beasiswanya nggak bakal diberikan dalam bentuk uang, tapi cuma dalam bentuk motong uang SPP, asrama, buku, asuransi dkk. Sisanya bakal diambil sama pihak kampus untuk keperluan lain. Gitu deh.

Nggak perlu kukasih info detailnya sih ya, nanti setiap tahun bakal dapet informasi dari pihak kampus kok, lalu saingan deh bareng international students lain buat dapetin beasiswa😀

4. University Scholarship

Beasiswa dari kampus, biasanya setiap kampus pasti ada kok beasiswa buat murid asing. Tapi jumlahnya ya tergantung kebijakan kampus itu sendiri. Kalo dulu di Shaoguan sih cuman semacam reward kecil-kecilan, RMB 1000 itu pun dengan syarat ketat nggak boleh bolos sama sekali, dapet nilai top di kelas. Nah di Jxnu ini lumayan lah nilainya buat motong duit SPP.

Haa, segitu dulu ya sekilas info tentang beasiswa kuliah di China. Semangat aja yang mau kesini. Mau jurusan apa? Di kota dan kampus mana? Monggo dipikir matang-matang :))

2 thoughts on “Beasiswa Kuliah di China

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s