Shaokao dan Terong Panggang Lembut

Assalamualaikum wr wb dan salam sejahtera.

Tararaaa! Aku balik lagi. Haha. Hilang sudah ya semua target 2 tulisan per bulan di blog ini. Enyahlah. Nulis tanpa target, dan frekuensinya sesuai kehendak hati aja yes. Harap maklum.

Cerita dulu sedikit sebelum berbagi resep ya. Partner masak barengku di sini kebetulan tidak makan dan tidak suka terong, sedangkan aku pecinta terong, jadi atas nama toleransi, ketika kita masak bareng kita tidak pernah memasukkan terong ke dalam list menu masakan. Hasilnya, aku jadi kangen makan terong.

Sementara itu, di China ini ada satu hal yang khas dari setiap malamnya: Shaokao. Mungkin kalau di-translate, Shaokao ini kurang lebih sama dengan BBQ, Chinese style pastinya. Setiap malam menjelang, di pinggiran jalan, di depan kampus, di pasar, dan dimanapun, akan ada banyak sekali penjual shaokao yang buka dagangan dadakan. Keluar deh semua varian sate-satean, bakar-bakaran, asap mengepul, wangi semerbak. Beuh. Kalau musim dingin, lewat doang aja udah bikin hangat tuh. Selain ada gerobak dan alat panggang, biasanya juga disediakan tenda temporer gitu yang diisi meja dan kursi untuk pembeli yang ingin makan di tempat. Situasinya kayak begini:

shaokao

Shaokao aka Chinese BBQ

Nah, salah satu yang khas dari Shaokao adalah terongnya. Beda dengan bahan makanan lain  — sebut saja daging-dagingan, seafood, sayuran, tahu, sosis, bahkan bawang putih — yang ditusuk sate, biasanya penjual Shaokao menyediakan terong utuh satu biji yang langsung dibakar di atas alat bakar. Itu rasanya surgawi banget deh.

Sudah 4,5 tahun aku di China, dan kok ya baru kepikiran nyoba masak terong ala shaokao sendiri di rumah. Kebetulan beberapa hari belakangan kontrak masak bareng kita sedang tidak diperpanjang, jadi aku bisa masak terong haha. Tantangannya adalah aku tidak punya alat bakar, alhasil aku coba panggang saja di atas teflon. Hasilnya? Taraaa.

Yang kiri masakan dan foto sendiri, yang kanan terong shaokao asli yang fotonya diambil dari web tetangga. Yaah lumayan lah dari penampakannya terlihat mirip. Dari rasa pun cukup bisa menyamai, walaupun kemarin bumbuku belum lengkap *anaknya gampang dibikin puas*. Menurutku, terong masak shaokao ini betul betul magis, karena bisa menaikkan level kelezatan terong ke tingkat yang jauuuh lebih tinggi. Daging terongnya terasa sangat lembuuut semacam jus, begitupun rasa pedas gurihnya maknyus. Teman-temanku yang di negara asalnya tidak suka terong, sekalinya mencoba makan terong shaokao ini langsung otomatis jatuh cinta (kecuali partner masakku, of course :”)

Cara masak terong shaokao ini ternyata lumayan mudah, sudah 2x trial dan cukup berhasil sih sejauh ini. Akan terus kusempurnakan sebelum balik ke Indonesia, heu. Resepnya nih siapa tau ada yang mau coba juga, silahkan disimak kakak 😀

Terong Panggang Lembut Ala Shaokao

Bahan:

  • Terong

Bumbu:

  • Bawang putih cincang halus
  • Daun bawang dirajang
  • Bubuk cabe, bisa juga pakai cabe potong.
  • Cumin powder (bubuk jintan?)
  • Lada
  • Minyak goreng

Cara Masak:

  • Belah terong seperti yang terlihat di foto
  • Panggang terong di atas teflon yang diolesi sedikit minyak, sambil dipenyet-penyet dagingnya sampai agak lembut. Karena permukaan luar terong tidak flat, jadi agar matang merata, memanggangnya agak butuh skill khusus, yaitu sambil dibolak-balikkan terongnya. Pokoknya atur saja supaya terong bisa matang merata dan lapisan terong menjadi rata (lihat foto).
  • Taburkan semua bumbu di atas terong yang sudah setengah matang
  • Penyet terong sambil meratakan dan mematangkan bumbu sekitar 2-4 menit
  • Terong Panggang Lembut ala Shaokao siap dinikmati. Makan selagi hangat

Simple kan? Hihi.

Selamat mencoba, kalau sukses kabar-kabar yha ! Thank you for reading and have a nice day 😀

p.s. Yang mau resep chinese food lainnya, dulu aku pernah update di blog ini, Tumis Tomat Telur Ala China. Monggo disimak 😀

Advertisements

10 thoughts on “Shaokao dan Terong Panggang Lembut

  1. Pingback: Resep Chinese Food: Tumis Tomat Telur (番茄炒蛋) | Hidup Memang...

  2. Assalamu’alaikum warahmatulloh Ms. Bina,

    Could you share how to type fast without see the keyboard ? If you dont mind kindly send me Email to : imharun097@gmail.com .

    I will thankful for it & will teach my student. I will invite you to our school someday possible.

    B.Regards,
    Imran Harun
    (Madrasah Irsyad Zuhri Al Islamiyah)
    (277 Braddel road, Singapore)

    Like

    • Waalaykumsalam warahmatullah.

      Hey there, you could have a look on to this video: https://youtu.be/MRXs9g39NxY

      And try by yourself. Additionally, I also printed the arrangement of keyboard and sticked it on my wall nearby the computer, so that when I forgot the letter on my keyboard, I could cheat by looking at the printing table. Hope it helps and good luck ! 😀

      Like

      • That’s amazing. Thanks for share.

        Btw, how long you have practice it from zero till fully typing without look at keyboard (approximately) ?

        Imran,
        (Madrasah Irsyad Zuhri Al Islamiyah)
        (277 Braddel road, Singapore

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s