Yiwu International Trade Market, Pusat Grosir Segala Macam Barang di China

Assalamualaikum wr wb dan Salam Sejahtera,

Kali ini mau cerita singkat tentang Yiwu International Trade Market yang luar biasa mencengangkan. Sebenernya sudah hilang momentum sih karena sudah 2 tahunan yang lalu ke sananya, tapi yaaa sebelum semakin terlupakan. Karena aku masih ingat sekali betapa takjubnya aku ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Yiwu International Trade Market ini.

China memang sudah terkenal sebagai pusat grosir. Barang apapun itu, dimanapun itu, pasti endingnya juga ga jauh-jauh dari “Made in China”, lol. Harga terjangkau, kualitas bisa diatur (bisa loh kalo mau kualitas super bagus, tapi ya duitnya ada ga, itu aja sih), bisa produksi banyak dalam waktu yang cepat. Dan Yiwu International Trade Market ini, merupakan salah satu pusat grosir terbesar di China.

Ngomongin tentang pusat grosir, setiap negara juga pasti punya lah ya pusat grosir. Dan Yiwu International Trade Market ini juga hitungannya masih lumayan baru di China, masih sekitar 15 tahunan sejak pertama kali berdiri.  Yang asoy dari Yiwu International Trade Market ini adalah:

Gede dan luas banget-banget

Mau tau segede apa? Nih salah satu gate Yiwu International Trade Market District 1:

Eh gak kebayang ya kalo cuma lihat dari depan gitu. Lihat yang ini deh:

Nah! Kebayang kan gedenya? Sampai sekarang ini, Yiwu ITM punya lima distrik. Yang mana kalau ditotalkan, luasnya bisa lebih dari 4.000.000 m2. Demi apa. Masing-masing distrik ada 4 atau 5 lantai dan 10-17ribuan toko. Antar distrik juga ada connecting floor nya, jadi kalau mau muterin dari distrik 1 ke distrik 5 gitu ga perlu keluar dulu nyebrang jalan etc. Langsung aja tancaaap dari ujung sampai ujung (kalau kakinya ga gempor).

Segala macam barang grosir terkumpul di sini

Kamu mau cari apa? Alat tulis? Tekstil? Mainan anak? Baju? Aksesoris? Barang-barang plastik? Hiasan dekorasi unyu? Atau apa?

Hampir semua ada di sini, dan sudah dibagi-bagi rapi per distrik. Jadi kita bisa langsung fokus menuju distrik dan blok tersebut, puterin deh ratusan tokonya, keluar masuk satu per satu buat lihat sample, bandingkan harga, dst.

Ini beberapa contoh denah per distrik:

Distrik 1

Distrik 2

Cukup jelas kan yah? Distrik 3-5 kepo sendiri gih di google haha. Intinya, barang yang ditawarkan sangat komplit dan semuanya sudah ditata rapi, dengan penjelasan yang cukup memadai bahkan untuk turis yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Yiwu pun.

Buka setiap hari sepanjang tahun

Related image

Penampakan di dalam Yiwu International Trade Market

Bahkan Sabtu dan Minggu juga buka. Paling cuma tutup 1-2 minggu selama Chinese New Year. Sisanya? Buka tiap hari sejak jam 9 pagi sampai 5 sore!

Beberapa fakta lain tentang Yiwu International Trade Market:

  • Seperti namanya, pusat grosir, jadi rata-rata barang yang ada di toko itu cuma sample dan ga bisa dibeli atau dibawa pulang. Kalau mau pesan, ada minimum ordernya, tergantung jenis barang dan kebijakan masing-masing supplier. Jadi kalau memang niatnya mau jalan-jalan centil sambil belanja, agak susah sih. Walaupun ada juga toko-toko yang cuci gudang menghabiskan stok-stoknya, itu boleh dibeli eceran.
  • Karena sudah tingkat internasional, rata-rata penjaga tokonya bisa berbahasa Inggris alakadar. Yah, campur bahasa tarzan dikit atau bahasa kalkulator gitu deh. Jadi kalau memang bonek (bondo nekat), mau pergi sendiri sih bisa-bisa aja harusnya. Walaupun memang lebih aman pergi dengan translator / guide sih ya.
  • Lagi-lagi karena sudah tingkat internasional, mau cari makan di sekitar sini (sebagai muslim) juga ada banyak variasinya. Mulai dari chinese food yang halal, atau restoran-restoran timur tengah, atau bahkan fast food halal pun juga ada.
  • Selain di Yiwu International Trade Market yang 5 distrik ini, masih ada pusat-pusat grosir lainnya yang tersebar di beberapa lokasi di kota Yiwu. Jadi yang tergambar di atas ini belum semuanya, Gaes.
  • Kalau mau belanja di sini, jangan bawa rupiah ya. Bawa dolar pun nukarnya ribet dan kursnya jatuh. Langsung bawa RMB aja yang banyak dari Indonesia. Atau bawa kartu paspor BCA / mandiri (cirrus, VISA), nanti tinggal tarik dari ATM di China, langsung keluar RMB. Tapi yah perhitungkan limit maksimal per harinya, dan kurs bank yang agak lebih mahal daripada tukar di counter penukaran uang asing di Indonesia.
  • Kalau sudah naksir salah satu toko dan berniat kembali, jangan lupa minta kartu nama dan foto tokonya, supaya nanti ga susah nyarinya lagi, karena rawan tersesat. Setiap toko penampakannya ya kurang lebih sama aja, dan ingat ada puluhan ribu toko di satu distrik.
  • Kalau butuh rekomendasi hotel harga terjangkau, lokasi strategis (persis di depan distrik 1 Yiwu International Market), nyaman dan aman, kemarin-kemarin ini aku selalu menginap di Jinda Hotel. Review lebih detail nanti menyusul ah kalau rajin.
  • Kalau dilihat di foto-foto di atas, kelihatannya dalamnya sepi gitu yah. Iya, memang sepi gitu kecuali kalau pas ada event atau pameran, baru deh agak ramai sedikit. Karena memang tempat ini khusus untuk calon pelanggan yang baru akan pesan barang saja, untuk kenalan sama produknya, pemesanan pertama, dan sejenisnya. Kalau sudah repeat order mah via chat aja juga bisa. Enaknya sih kita jadi bisa dilayani maksimal, karena seringnya ya cuma ada kita satu-satunya calon konsumen yang lagi main ke toko tersebut.
  • Dari Indonesia sendiri belum ada direct flight ke Yiwu. Jadi biasanya orang-orang pada turun di Hangzhou, kota terdekat yang masih 1 propinsi, dan setelah itu naik bullet train (sekalian nyobain) cuma butuh 30 menit perjalanan aja. Kalau mau sewa mobil / naik taksi juga bisa sih, sekitar 2 jam an gitu deh.

Sekian sekilas info tentang Yiwu International Trade Market. Yang penasaran mending langsung ke sini aja buat menyaksikan langsung. Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan via comment, atau kontak saya langsung ya 😛

Thank you for reading, and have a good day!

Cheers,

Izza

p.s. Semua foto di atas hasil googling, maafkan aku malas sekali cari-cari foto 2 tahun yang lalu haha.

Advertisements

7 thoughts on “Yiwu International Trade Market, Pusat Grosir Segala Macam Barang di China

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s