“Aku Marah” Bukanlah Sebuah Canda

Assalamualaikum wr wb dan Salam Sejahtera,

Jaman kecil dulu, sering banget liat temen sepantaran (yang sama-sama masih kecil) kalo pas lagi marah gitu lucuk bangets. Pake laporan dulu:

“Aku marah!”

Tapi terus diketawain ama orang-orang dan dijadikan bahan guyonan (becandaan, red), karena, “marah kok bilang-bilang”, gitu kata orang-orang kala itu.

Tapi kemudian aku belajar.

It’s okay untuk mengutarakan kemarahan. Ada kalanya, sangat ok sekali untuk bilang, “aku marah”, dan mengkomunikasikan kemarahan kita dengan cara yang baik.

Dengan catatan: tetap menjaga emosi (ini susah!). Jelaskan penyebab kita marah, dan apa SOLUSI yang harus dipikirkan bersama supaya tidak terulang masalah yang sama di kemudian hari.

Bukan yang marah sambil banting-banting piring apalagi KDRT (ini mah bhay aja lah awal-awal), atau teriak-teriak dan maki-maki, ngeluarin kata-kata yang nyakitin hati, saking sakitnya akan diingat orang sampe ujung hayat.

Bukan juga marah terus dipendam sendiri, tidak disuarakan. Silent treatment is a big NO NO NO. Ya gimana orang bisa tau kan? Ga menyelesaikan masalah, jadi bom waktu, dan lama-lama jadi penyakit pula, pundung sendiri :)))

Aku sendiri jujur masih harus banyak belajar sih. Walau kata banyak orang aku orangnya sabar dan tenang, percayalah semua itu hanya ilusi belaka wkwkwk. Aslinya masih harus belajar banyaaaak banget untuk memanajemen kemarahan.

Kalau kamu, gimana? Marahmu seperti apa? Punya perspektif lain? Bagi dong opininya 😉

 

Thank you for reading!

Cheers,

Izza

Advertisements

4 thoughts on ““Aku Marah” Bukanlah Sebuah Canda

  1. Semua perasaan sebenernya memang harus di ungkapkan, sedih, senang, begitupun marah. Soalnya bikin awet muda dan menjauhkan diri dari stress. Tapi ya itu, kalau cara mengungkapkannya salah, kelaaaar deh semua hahaha

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s